...

KAMI BANGSA INDONESIA BERBANGSA SATU.BANGSA INDONESIA,BERTANAH AIR SATU TANAH AIR INDONESIA

Selasa, 15 Juni 2010

how good your interpersonalskill

sedikit saya ingin mereview kembali, apa sebenarnya interpersonal skill itu?,interpersonal skill adalah ketrampilan untuk mengenali dan merespon secara layak perasaan, sikap dan perilaku bagaimana diri kita untuk membangun hubungan yang harmonis dalam memahami dan merespon manusia / orang lain. hal yang terlebih dahulu untuk membangun hubungan dengan orang lain. Kita harus menguasai kemampuan dan ketrampilan dalam mengenal diri sendiri, kemudian baru mengasah ketrampilan dalam mengenal dirisendiri / orang lain. Ketrampilan untuk mengekspresikan diri secara jelas, bagaimana merespon dan bagaimana menyampaikan pesan yang dimaksud. Bagaimana bernegosiasi, menyelesaikan konflik dan bagaimana berperan dalam tim.

Pernah terbesit pertanyaan dipikran saya, mengapa kita perlu interpersonal skill ?dan kini saya menemukan jawabannya yaitu sudah merupakan hukum alam kehidupan keseharian hampir tidak mungkin manusia tidak berhubungan dengan orang lain yang artinya manusia harus hidup bersama dengan manusia lainnya ( manusia adalah mahluk sosial ). Dalam skema hidup bersama ini muncul kebutuhan untuk memahami kebutuhan manusia lainya. Maka timbulah komunikasi antar manusia. Kurang lebih seperti itulah saya menyimpulkan apa yang dimaksud interpesonal skill.

Kembali pada subtansi “How good my interpersonal skill”?interpersonal skill yang ada didalm diri saya setelah saya teliti dan saya kaji dengan melalui penilaian yang agak subjektif dengan menggunakan fasilitas pertanyaan – pertanyaan tentang “How good interpersonal skill” yang ada di salah satu Ebook bisa dikatakan kurang dan kemudian saya teliti dengan membuat kisioner dan saya bagikan kedapa teman – teman terdekat saya dan hasilnya pun sama sepertinya, saya harus melakukan evaluasi kembali pada diri saya, dikarenakan menurut penelitian saya. Saya ini orangnya agak acuh tak acuh terhadap orang – orang disekitar ( termasuk orang yang sangat cu’ek dan kurang peka terhadap orang – orang sekitar), tidak mudah senyum, hanya dengan orang – orang tertentu saya Apresiative, tata bahasa kurang tertata dan kurang menjadi pendengar yang baik.

Setelah mengetahui kekurangan saya , saya sesegera mungkin berusaha memperbaikinya hal hasil saya lebih peduli terhadap diri saya sendiri dan menjadi lebih dekat dan lebih peduli dengan orang yang ada disekitar saya kemudian membuat interpesonal skill saya agak sedikit membaik.

Berikut ini adalah point – point yang harus di perhatikan untuk menjadi orang yang memiliki interpersonal skill yang sangat baik :

1.Smille (senyum) : selain senyum adalah bagian dari ibadah, orang yang murah senyum akan terlihat ramah di mata orang lain. Dikarenakan dengan senyum aura positif yang ada di dalam tubuh kita akan keluar dan akan secara langsung orang disekitar kita akan merasakan aura positif yang ada didalam tubuh kita

2. Be a apresiative ( Menghargai seseorang) : orang lain atau rekan kerja/teman kita akan merasa senang jika hal sekecil apaun yang dilakukan, jika kita mengahargai dengan secara tidak langsung maka orang lain tersebut akan jauh lebih menghargai kita

3. Speak Cleary ( penyelesaian kaliamat yang jelas ) : intonansi dan artikulasi ketika kita sedang bebicara harus jelas agar lawan bicara kita akan mudah menangkap dan mengartikan apa yang sedang kita bicarakan.

4. Be a Good Listener (menjadi pendengar yang baik) : mengapa?karena pendengar yang baik itu akan disenangi banyak orang, lawan bicara kita akan senang jika kita mendengarkan dengan baik point – perpoint apa yang dia bicarakan dan dari situ pendengar yang baik akan menjadi pembicara yang baik,betul tidak?Silahkan mencoba semoga ini bermafaat bagi anda

TERIMAKASIH...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar